materi & tugas pkl h9




https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GNlQlrBb-gerobak-motor-listrik-bantu-umkm-pangkas-beban-energi#google_vignette

What(apa):

apa sih keuntungan gerobak listrik bagi umkm? (meminimalisir pengeluaran BBM & hemat sepertiga dari motor konvensional)

untuk apa saja gerobak motor listrik itu? (bisa untuk berdagang & angkut sampah)

apa pengaruh gerobak motor listrik dilingkungan? (polusi di Indonesia dapat berkurang, teruama di Jakarta)


Who(siapa):

siapa saja yang terlibat? (Dobby B Pangaribuan, Arifin, Edisrimulyanti)

siapa saja penggegas Acara? (Kementrian ESDM)


When(kapan):

kapan adanya acara EV FUNDAY? (desember tanggal 19 2022)

kapan menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan apresiasinya terhadap lima gerobak motor listrik yang digunakan UMKM di binaan PLN? (Menteri ESDM Arif Tasrif menyampaikan apresiasinya pada Minggu, 19 desember 2022)


Why(mengapa): 

mengapa ada acara ini? (untuk mengurangi penggunaan BBM, mengurangi polusi, mengajak warga untuk menggunakan EV)



Where(dimana): 

dimana saja tempat yang sudah tersebar gerobak motor listrik tersebut? (seluruh indonesia)

dimana hadirnya gerobak motor listrik itu? (Jakarta)

dimana saja konvoi EV FUNDAY yang diikuti  Edi? (Bandung & Jakarta)


How(bagaimana): 

bagaimana tanggapan pak Arifin tasrif Menteri ESDM setelah mengapresiasi 5 gerobak motor listrik? ("Bagus ini, bisa terus dikembangkan" ucap arifin)



Menkop-UKM Teten Sebut Industri Electric Vehicle Jadi Peluang Baru bagi UMKM

What(apa):

Apa pandangan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, terkait perkembangan industri Electric Vehicle (EV) di Indonesia? (Menteri Teten Masduki melihat bahwa industri EV mampu menciptakan ekonomi baru dan memberikan peluang besar bagi UMKM dalam menciptakan lapangan kerja yang inovatif.)

Apa yang menjadi fokus Menteri Teten Masduki terkait ekonomi baru yang dapat dihasilkan oleh industri EV bagi UMKM? (Fokus Menteri Teten Masduki adalah melihat potensi industri EV dalam menciptakan ekonomi baru dan peluang lapangan kerja inovatif bagi UMKM.)



Who(Siapa):

Siapa yang diyakini oleh Menteri Teten Masduki dapat mendapatkan keuntungan dari ekspansi industri EV, terutama dalam menciptakan lapangan kerja inovatif? (Menteri Teten Masduki meyakini bahwa UMKM dapat mendapatkan keuntungan dari ekspansi industri EV.)

Siapa saja yang hadir dan berpartisipasi dalam Inabuyer EV Expo 2023 di Jakarta? (Inabuyer EV Expo 2023 dihadiri oleh perwakilan negara seperti China, Vietnam, dan Thailand serta dikunjungi oleh sebanyak 3.500 pengunjung.)



Where (Dimana):

Dimana Menteri Teten Masduki menyampaikan pandangannya terkait industri EV? (Menteri Teten Masduki menyampaikan pandangannya dalam Closing Ceremony Inabuyer EV Expo 2023 di Gedung Smesco, Jakarta.)

Dimana Inabuyer EV Expo 2023 diselenggarakan dan berapa banyak pengunjung yang hadir? (Inabuyer EV Expo 2023 diselenggarakan di Jakarta dan dihadiri oleh sebanyak 3.500 pengunjung.)


When(Kapan):

Kapan Menteri Teten Masduki menyampaikan pandangannya terkait industri EV dalam acara Closing Ceremony Inabuyer EV Expo 2023? (Menteri Teten Masduki menyampaikan pandangannya pada Kamis, 30 November 2023, dalam acara Closing Ceremony Inabuyer EV Expo 2023.)

Kapan Inabuyer EV Expo 2023 dilaksanakan? (pada Kamis, 30  november 2023 )


Why(Mengapa):

Mengapa Menteri Teten Masduki yakin industri EV akan mengubah struktur industri otomotif di Indonesia? (Menteri Teten Masduki yakin karena industri EV dapat menciptakan ekonomi baru dan Indonesia memiliki pasar yang besar.)

Mengapa industri EV dianggap dapat memberikan peluang besar bagi UMKM, khususnya dalam konteks menciptakan ekonomi baru dan lapangan kerja inovatif? (Industri EV dianggap memberikan peluang bagi UMKM karena dapat menciptakan ekonomi baru dan lapangan kerja inovatif.)


How(Bagaimana):

Bagaimana industri EV dapat berdampak pada bisnis tradisional seperti pedagang es krim, bakso, dan sate, menurut pandangan Menteri Teten Masduki? ( Menteri Teten Masduki mengatakan bahwa nantinya, pedagang es krim, bakso, dan sate tak lagi akan menggunakan gerobak, melainkan akan beralih ke penggunaan motor listrik.)

Bagaimana Inabuyer EV Expo 2023 dapat menjadi wadah untuk mempromosikan kendaraan listrik dan produk lokal, serta bagaimana hal ini mendukung keberlanjutan lingkungan? (Inabuyer EV Expo 2023 dianggap sebagai wadah yang luar biasa untuk mempromosikan kendaraan listrik dan produk lokal, sekaligus mendukung keberlanjutan lingkungan dengan memperkenalkan kendaraan listrik ramah lingkungan.)

LihatTutupKomentar