materi & tugas pkl h10




https://www.medcor-listrik-bantu-umkm-pangkas-beban-energi#google_vignetteom.id/ekonomi/bisnis/GNlQlrBb-gerobak-mot


Inovasi Gerobak Motor Listrik Dorong UMKM dan Lingkungan Bersih


Jakarta, 20 Desember 2022 - Gerobak motor listrik menjadi solusi hemat BBM, efisien, dan ramah lingkungan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Dobby B Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya, menegaskan keuntungan operasionalnya yang bisa menghemat sepertiga dari motor konvensional.

Gerobak motor listrik memberi berdagang dan mendukung angkutan sampah. Dengan kehadirannya, polusi di Indonesia, terutama di Jakarta, dapat berkurang.

Dobby B Pangaribuan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Edi Srimulyanti turut mendukung inovasi ini. Acara Electric Vehicle (EV) FUNDAY, diinisiasi oleh Kementerian ESDM, memperlihatkan dukungan lintas sektor terhadap kendaraan listrik.

Acara ini dilaksanakan pada 19 Desember 2022, EV FUNDAY bertujuan mengurangi penggunaan BBM, mereduksi polusi, dan mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik.
Hingga saat ini, terdapat 77 gerobak motor listrik untuk UMKM mitra binaan PLN di seluruh Indonesia. Di Jakarta, 12 gerobak motor listrik telah hadir.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyambut baik inovasi ini, mengungkapkan, "Bagus ini, bisa terus dikembangkan." Dukungan penuhnya menciptakan optimisme terhadap masa depan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.





Menteri Teten Masduki: Dorong Industri EV untuk Ekonomi Baru UMKM


Jakarta, 1 Desember 2023 - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, optimis industri Electric Vehicle (EV) mampu menciptakan ekonomi baru dan lapangan kerja inovatif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pandangannya disampaikan pada acara Closing Ceremony Inabuyer EV Expo 2023, memfokuskan peran penting industri EV dalam transformasi ekonomi Indonesia.

Menteri Teten menekankan potensi UMKM sebagai penerima manfaat utama, khususnya dalam sektor tradisional seperti pedagang es krim, bakso, dan sate yang berpotensi bertransformasi melalui penggunaan motor listrik. Dukungan ini sejalan dengan fokus Inabuyer EV Expo 2023, yang sukses mempromosikan kendaraan listrik dan produk lokal, serta mendukung keberlanjutan lingkungan.

Dalam pandangannya pada 30 November 2023, Menteri Teten yakin industri EV dapat mengubah struktur otomotif Indonesia, memberikan peluang ekonomi baru di seluruh negeri. Inabuyer EV Expo 2023 menjadi ajang krusial untuk mendukung bisnis lokal dan mendorong transformasi bisnis tradisional menuju motor listrik, menciptakan efisiensi dan keberlanjutan dalam sektor tersebut.

Meskipun disingkat, pemahaman utama tentang pandangan Menteri Teten terhadap industri EV dan potensinya bagi UMKM tetap terjaga.
LihatTutupKomentar