materi & tugas pkl h2

 Menulis berita yang benar.

 5w1H: What, Who, When, Where, Why dan How

What, Why dan How harus bergandengan

  1. What (Apa) - Menanyakan tentang kejadian atau peristiwa apa yang terjadi.
  2. Who (Siapa) - Menanyakan tentang siapa yang terlibat atau bertanggung jawab.
  3. Where (Di mana) - Menanyakan tentang lokasi atau tempat terjadinya kejadian.
  4. When (Kapan) - Menanyakan tentang waktu terjadinya kejadian.
  5. Why (Mengapa) - Menanyakan tentang alasan atau tujuan terjadinya kejadian.
  6. How (Bagaimana) - Menanyakan tentang cara atau proses terjadinya kejadian.




kutipan langsung dari orang harus diberi tanda petik(" "), kutipan langsung adalah menyalin langsung dari sumbernya murni, tanpa melakukan perubahan apapun dalam penulisannya. Sedangkan untuk kutipan tak langsung bisa dibalik dan tidak pakai tanda petik.




Investigasi secara mendalam tentang berita yang akan ditayangkan atau ditulis dengan verifikasi sumbernya, seperti mencari narasumber, foto, video yang valid supaya berita yang ditayangkan bukanlah berita hoax dan dapet dipercaya. Konfirmasi informasi dari beberapa sumber yang independen agar lebih valid.






Narasumber langsung adalah yang bersangkutan misalnya penjual makanan dan pembeli yang bersangkutan muntah muntah dan masuk rumah sakit karna etik higienis penjual yang minim bahkan memakai bahan yang tidak layak.
Narasumber tak langsung seperti contohnya seseorang yang ahli, seorang pengamat spesialis higienis makanan yang sering mendapat pasien dari rumah makan penjual terebut.




kata tambahan, kata di- itu harus disambung kecuali tempat seperti di-mana, di surabaya, sedangkan kata kerja di- harus disambung seperti dikerjakan, dimakan.

Jabatan awal huruf harus kapital kecuali ada dalam penyebutan kalimat langung seperti "Anda jadi kepala sekolah tidak becus!", awal nama tempat harus kapital, awal paragraf juga.
Kata seperti intangible diberi italik






LihatTutupKomentar